Rabu, 08 Juni 2011

Filsafat yg tidak berfilsafat

Jadi begini, waktu semester 2 dulu gw dapet mata kuliah yg namanya "dasar-dasar filsafat".
Gw bener2 gak ngerti sama materi yg dosen gw kasih walaupun gw udah duduk didepan & memperhatikan secara seksama.


Gw pusing coy sama filsafat2 yg aneh2 macem Sokrates, Aristoteles, Plato, dsb dsb. Kalo ditanya dosen gw cuma jawab seadanya sambil pamer gigi. Secara gw kalo berfilsafat sehari2 ngelantur kemana2 sampe kadang2 gw bingung sama yg apa gw omongin (curhat).

Naaaah sampai pada suatu kesempatan itu dosen ngasih pertanyaan yg hanya 3 mahasiswa saja yg mengacungkan tangan termasuk gw.
Dosen itu berfilsafat sekaligus bertanya (gw bikin jadi dialog aja ya) :

D :  Mengapa Tuhan menciptakan kita berbeda jika Dia hanya mau disembah dengan satu cara?
: Tuhan menciptakan kita berbeda agar terciptanya kedamaian di muka bumi ini dengan cara menghargai perbedaan2 tanpa menghapus batasan2 yg ada. Bagiku agamaku bagimu agamamu pak.
D :  (Terdiam sejenak kemudian melanjutkan) Kamu mengacu pada filsafat apa sehingga bisa berkata seperti itu?
R :  Al-Qur'an pak. Ada beberapa yg berasal dari pemikiran saya sendiri sih pak.
D :  Hmm (sambil ngangguk2)

Semenjak gw jawab begitu dia selalu senyum ke gw (sebenernya ini dosen emang baik).
Kemudian datanglah UAS & kemudian disusul keluarnya nilai. Gw yakin banget tuh nilai mata kuliah dasar-dasar filsafat gw bagus. B lah minimal.
Sampai gw melihat nilai tersebut, shock. C.

WHAAAAAT???
Gw bertanya2 dimana salah gw dimana salah gw? Perasaan temen2 gw yg lebih dodol dari gw dapet B. Ada apa ini sebenarnya?

Dan gw pun menemukan sendiri jawabannya.
Gw cuma jago jawab pertanyaan yg diatas --"

Apa boleh dikata, memang seperti itu lah kenyataannya. Seenggaknya itu mata kuliah umum aja jadi gak terlalu kepikiran *nangis kejer* *lap ingus*

Yasudahlah mari kita akhiri sesi curhat kali ini. Mau lanjut nyuci nih *yg punya blog anak kosan*



Tidak ada komentar:

Posting Komentar